: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Kunjungan Wisata Iptek SMPS IT Asy Syifa Qolbu Gunung Putri ke Pusat Penelitian Kimia LIPI


Administrator, 20 Maret 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Sebanyak 18 siswa dan 1 orang guru pendamping SMP IT Asy Syifa Qolbu Gunung Putri Bogor telah bertandang ke Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI pada hari Selasa (20/3). Kunjungan kali ini bertujuan untuk melihat kegiatan penelitian secara langsung di laboratorium. Selain ke P2 Kimia LIPI, rombongan dari SMP IT Asy Syifa Qolbu juga mengunjungi pusat penelitian dan unit kerja lainnya yang berada di Kawasan PUSPIPTEK Serpong. Sebagai informasi, Kawasan PUSPIPTEK merupakan tempat beradanya laboratorium-laboratorium penelitian dan pengembangan milik beberapa instansi seperti BPPT, LIPI, KLHK dan BATAN.

“Kegiatan ini juga sebagai wisata iptek bagi siswa-siswi kami untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Bapak Adhim, sang guru yang mendampingi kunjungan tersebut. "Harapan kami, setelah melihat dan dapat berdiskusi langsung dengan Bapak/Ibu peneliti di sini, minat siswa-siswi kami untuk belajar semakin meningkat," lanjutnya.

Kedatangan rombongan disambut oleh Mahyar Ependi dan Rohmana Taufik dari Bidang Diseminasi dan Kerjasama. Mahyar memaparkan sekilas tentang kegiatan dan pengembangan pembuatan Bioetanol Generasi 2 di Pilot Plant milik P2 Kimia.

"Pilot plant ini dapat mengubah limbah tandan kosong sawit menjadi bahan bakar. Saat ini para ilmuwan sedang berusaha mengembangkan bahan bakar yang ramah lingkungan dan terbarukan. Inilah yang sedang dilakukan juga oleh para peneliti di sini melalui pengembangan bioetanol dari limbah biomassa," terang Mahyar memberikan penjelasan kepada peserta. "Nantinya adik-adik juga diharapkan ada yang berminat menjadi peneliti, mengembangkan energi-energi terbarukan lainnya untuk masa depan dunia yang lebih baik," ungkapnya lebih lanjut memberikan motivasi kepada para siswa.

Rombongan selanjutnya mengunjungi laboratorium analisa HPLC dan GC-MS. Meskipun ilmu kimia yang dipelajari di sekolah masih tahap awal, para siswa terlihat tetap antusias. Mereka memperhatikan dengan seksama pada saat dijelaskan fungsi dan bagaimana alat-alat instrumen kimia bekerja untuk menganalisa bahan. Beberapa pertanyaan juga dilontarkan oleh siswa/siswi menandakan ketertarikan mereka terhadap ilmu kimia. Tentunya kegiatan kunjungan ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan para siswa dan menjadi pengalaman yang berharga bagi mereka. (ES/ P2K ed: SJW).

ZONA INTEGRITAS