: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Kunjungan MTs Negeri 4 Jakarta di P2 Kimia - LIPI


Administrator, 15 Desember 2019

Serpong, Humas LIPI. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Jakarta Selatan mengadakan kunjungan Wisata Iptek di Pusat Penelitian Kimia – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia - LIPI), Gedung 452, Puspiptek, Serpong (12/12). “Kami ingin memperkenalkan dan mendapat informasi langsung tentang pusat ilmu pengetahuan,” ungkap Ida Farida, selaku Kepala Program kelas Pengayaan Sains.

Kunjungan yang diikuti 30 orang siswa dan 3 guru pembimbing disambut oleh sivitas P2 Kimia – LIPI. Para siswa berkesempatan untuk melihat laboratorium seperti Lab Bioetanol, Lab Cara Pembuatan Obat Tradisonal yang Baik (CPOTB), dan Lab Standar Nasional Standar Ukuran (SNSU).

Dalam agenda kegiatan siswa, Ida mengatakan sudah rutin setiap tahun melakukan wisata ilmiah ke Puspiptek. Oleh karena siswa-siswa dari kelas sains, yang paling utama adalah mereka menambah wawasan. 

"Selama di sekolah yang murid dapatkan adalah teori, buku, kajian pustaka, sementara di sini mereka melihat langsung, bahkan praktik langsung, dengan begini dapat menambah motivasi mereka,” tuturnya.

“Seperti tadi ketika kami melihat kloning tumbuhan, dalam satu botol menghasilkan ribuan kultur jaringan. Alhamdulillah dengan kunjungan seperti ini, sekolah kami bisa mengembangbiakkannya,” tambahnya.

“Lalu ada plastik ramah lingkungan, itu sangat bagus untuk dikembangkan, karena di sekolah kami tidak menggunakan lagi bahan plastik untuk wadah,” kata Ida.

Kemudian, setelah melihat langsung ke lab, rombongan juga dibawa ke ruang diseminasi untuk melihat produk yang sudah jadi. “Kedepannya, apa yang dipraktikkan oleh LIPI dapat dijual bebas, karena produk LIPI sudah berdasarkan penelitian, aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” harap guru IPS MTsN 4 Jakarta. (har/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS