: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Kunjungan Departemen Kimia IPB di P2 Kimia - LIPI


Administrator, 24 Mei 2019

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Kimia – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia – LIPI) menerima kunjungan dari Departemen Kimia – Institut IPB, di Puspiptek, Serpong, Jumat (24/5). “Kami ingin memperkenalkan dari apa yang diajarkan di kuliah,” jelas Rudi Heryanto, selaku pembimbing.

“Selain itu, ke- 22 orang mahasiswa dan 1 orang pembimbing berharap dapat memperluas informasi di mana kami dapat menganalisis. Jika memungkinkan mahasiswa mendapat tema penelitian ataupun berkolaborasi dalam penelitian,” kata Rudi.

Plt. P2 Kimia LIPI, Dr. Arthur A. Lelono dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kegiatan penelitian P2 Kimia - LIPI bidang Catalysis and Material Chemistry, Biomass Energy, Polymer Chemistry, Analytic and Environment Chemistry, Food Chemistry, natural Product Chemistry, Medical Chemistry, dan Technology Prosess Engineering. "Kami membuka bagi mahasiswa untuk melakukan praktik kerja lapangan (PKL), yang dilanjutkan dengan tugas akhir, maupun kerja sama," ujar Arthur.

Dalam kegiatan penyambutan tersebut, peserta kunjungan disuguhi dengan tayangan video profil Puslit Kimia–LIPI yang mencakup fasilitas dan keahlian, juga berbagai kegiatan penelitian.

Dr. Sofa Fajriah, selaku Manajer Mutu, menyampaikan bahwa pada kesempatan kunjungan ini mahasiswa dapat melihat Lab Gas Chromatography-Mass Spectrometry, Lab High Performance Liquid Chromatography, dan Lab Liquid Chromatography-Mass Spectrometry, Lab Nuclear Magnetic Ressonance, dan Lab Bioetanol.

Rombongan dilanjutkan dengan berkunjung ke Gedung Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). Gedung CPOTB terdiri dari lantai pertama untuk proses produksi, dan lantai kedua merupakan tempat quality control yang dilengkapi lab Kimia Bahan Alam, lab Formulasi, lab Mikrobiologi, lab TLC Scanner, lab HPLC, lab Reverelis, dan lab Spektrofotometer. Dalam kesempatan tersebut para mahasiwa bisa langsung bertanya mengenai cara kerja maupun fungsi peralatan kepada para peneliti.

Pada akhir kunjungan, beberapa peserta mengungkapkan kebahagiaannya dalam kunjungan ke LIPI. Menurut mereka, banyak wawasan yang diperoleh, seperti pengetahuan peralatan kimia yang cukup maju dan lengkap, dijelaskan secara detil. Mereka berharap datang kembali ke P2 Kimia LIPI untuk PKL dan tugas akhir. (hrd/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS