: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Komisi VII DPR RI Tinjau dan Apresiasi Produk Riset Mutakhir LIPI


Administrator, 15 Februari 2021

Cibinong. Humas LIPI. Di Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020-2021, Anggota Dewan dari Komisi VII DPR RI, dipimpin langsung oleh Ketuanya, Sugeng Suparwoto meninjau produk riset mutakhir LIPI yang sudah memiliki paten dan siap untuk dikomersialisasi di Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI,  Kompleks Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG), pada Kamis (11/2).

“Apresiasi terhadap kinerja yang tengah dan akan dilakukan oleh LIPI,” tutur Haeny Laela Relawati RIni W., anggota Komisi VII DPR RI. “Namun demikian, masih ada tantangan terutama korelasi dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk pemetaan detail kawasan dan rencana tata ruang LIPI untuk memperdalam aspek antara budidaya tumbuh kembang dan reklamasi kawasan pantai,” tambahnya.

Sebagai informasi, tinjauan Komisi VII DPR RI ke PPII LIPI adalah kelanjutan tinjauan pada pagi harinya di Badan Informasi Geospasial (BIG), masih di Kompleks CSC-BG LIPI. Pada kesempatan tersebut, Kepala LIPI LT. Handoko memberikan penjelasan tentang pengelolaan Kawasan CSC dan riset di bidang energi, pembangunan dan pengembangan infrastruktur strategis IPTEK di beberapa kampus LIPI.

“LIPI sedang membangun dan mengembangkan fasilitas Cibinong Science Technopark (C-STP), Kawasan Geodiversitas (Karangsambung), Laboratorium Teknologi Tepat Guna (TTG) Subang, Infrastruktur Basic Bandung, Green house Biodiversitas Cibinong, pengelolan armada kapal riset, hasil penelitian energi dan energi terbarukan, dan alat-alat kesehatan dalam penanganan Covid-19,” papar Handoko.

Saat tinjauan ke PPII LIPI, Handoko kembali menjelaskan kepada seluruh Tim Komisi VII DPR RI terkait produk-produk hasil riset yang berasal dari beberapa satuan kerja di LIPI yang dipamerkan antara lain dari Pusat Penelitian (Puslit) Biomaterial yaitu bambu laminasi, biodegradable food, biopelet, bioinsektisida, beton poros, dan bioplastic. Sementara dari Puslit Bioteknologi LIPI yaitu produk riset kultur artemisia annua, tepung dan mie mocaf kaya betakaroten, padi gogo, starter inoka, pribiomix T-10, imonumodulator, dan teripang. Tak ketinggalan produk riset dari Puslit Biologi yaitu pupuk POH dan monascus.

Tak kalah menariknya adalah produk riset Puslit Limnologi yaitu budi daya udang galah yang cukup menyita perhatian. Udang yang juga dikenal sebagai lobster air tawar tersebut  ditempatkan dalam aquarium besar yang disebut apartement seperti dituturkan penelitinya, Bambang Teguh.

Selain itu produk mutakhir LIPI lainnya yang berasal dari Puslit Fisika, Kimia dan Metalurgi LIPI pun dipamerkan, yakni ATTACT, RT LAMP dan yang termutakhir adalah Destromed, alat penghancur limbah jarum suntik.

Pada kesempatan yang sama hadir mendampingi Kepala LIPI, Plt. Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Yan Rianto sekaligu Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK LIPI. Selain itu hadir pula Plt. Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Ristek/BRIN, Muhammad Dimyati dan Sekretaris Deputi Bidang Penguatan Inovasi Kementerian Ristek/BRIN, Lanjar. (YL ed SL)

 

ZONA INTEGRITAS