: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Kolaborasi LIPI dan Stakeholder Hadapi Covid-19 di Wilayah Setu, Tangerang Selatan


Administrator, 31 Maret 2020

Serpong, Humas LIPI. Menghadapi wabah Corona Virus Disease tahun 2019 (Covid-19), LIPI bersama dengan Polsek Cisauk mengadakan penyemprotan disinfektan di wilayah hukum Polres Cisauk Polresta Tangerang Selatan (31/3). Acara pelepasan dimulai dengan apel bersama yang dilaksanakan di lapangan upacara di depan Gedung Kantor Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Kepala Pusat Penelitian Kimia – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia – LIPI), Yenny Meliana mengatakan bahwa instansi LIPI mengerjakan kegiatan ini dengan senang hati, karena didukung pula oleh Kapolsek Cisauk serta Camat untuk wilayah sekitar Puspiptek.  “Kami bantu apa yang kami mampu dan punya, demi merah putih, semua semangatnya sama,” ujarnya.

Kepala Kecamatan Setu, Hamdani HS menyampaikan penghargaannya terkait dengan penyemprotan disinfektan di wilayahnya. “Saya sangat berterima kasih kepada P2 Kimia – LIPI yang sudah memfasilitasi semuanya dan ini sebagai aksi kita kepada masyarakat, kita peduli, melakukan langkah-langkah preventif masyarakat terhindar dari virus corona,” ucapnya.

“Kami melibatkan semua stakeholder diantaranya LIPI, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Musfika), Komando Raya Militer (Koranmil), Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Kelompok Sadar Kamtibnas (KSK), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Dinas Perhubungan, Kepala Bidang Keamanan dan Keselamatan Puspiptek besera jajarannya, kemudian unsur kewilayahan seperti camat, lurah, warga RT dan RW,” jelas Hamdani.

Kapolsek Cisauk, Rolando Hutajulu menjelaskan bahwa semua yang hadir dalam acara tersebut sudah sesuai dengan yang diinstruksikan Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) di wilayah khususnya Setu untuk pencegahan virus corona.

“Semoga kegiatan ini, masyarakat terhindar dari Coronavirus disease (Covid-19). Lebih baik di rumah, jaga kebersihan, jaga hubungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kemudian dengan adanya Covid-19 ini – bisa lebih dekat lagi dengan keluarga, juga bisa melakukan sesuatu yang lebih berharga,” pesan Rolando.

Kepala DPRD Tangerang Selatan, Abdul Rosyid menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan gerakan sosial yang dibangun untuk persoalan corona yang tidak bisa ditangani oleh satu pihak, tetapi seluruh potensi kekuatan masyarakat harus bergerak.

“Kami berharap betul tingkat kedisiplinan masyarakat tinggi dalam pencegahan corona, karena kita sama-sama mengetahui kapasitas serta fasilitas yang kita miliki itu sangat terbatas,” harapnya.

Dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat bersama-sama jangan pernah lelah untuk selalu saling menghimbau dan mengingatkan untuk patuh dan taat terhadap himbauan pemerintah.

Kepala Bidang Keamanan dan Keselamatan Kawasan Puspiptek, Joko Raharjo mengungkapkan apresiasinya atas respon LIPI yang sangat cepat untuk membantu masyarakat. Tim dari Puspiptek dilibatkan untuk bahu-membahu menyemprotkan disinfektan menggunakan mobil pemadam kebakaran Puspiptek.

“Penyemprotan dimulai dari Gedung DPRD, SMP, SMA,  perempatan Muncul, pintu gerbang perumahan Puspiptek, kemudian arah Pamulang menuju pertigaan ITI, ITI, kelurahan Setu, sampai dengan sekitar viktor,” jelas Joko. (har/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS