Berita

Kimia Lingkungan dan Biomassa


Administrator, 30 November 2016

Latar Belakang Pentingnya Penelitian Energi Biomassa dan Lingkungan:

Saat ini Indonesia mempunyai tantangan besar untuk meningkatkan kemandirian di bidang energi dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Selama ini sistem penyediaan energi nasional berorientasi pada penggunaan energi fosil, sedangkan pemanfaatan energi non-fosil/energi baru terbarukan (EBT) masih sangat rendah. Penggunaan energi fosil memberikan kontribusi terhadap peningkatan emisi gas rumah kaca yang tidak saja menyebabkan gangguan lingkungan terutama bertambahnya polusi udara tetapi yang utama adalah meningkatkan pemanasan global (global warming).

Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia, memiliki potensi biomasa yang sangat melimpah. Biomassa dari limbah pertanian dan kehutanan belum banyak dimanfaatkan.  Limbah ini dapat dikonversi menjadi bioenergi, seperti bahan bakar nabati (BBN) yang berfungsi untuk mensubstitusi bahan bakar yang berasal dari minyak (BBM).


Tujuan/ Fungsi/ Sasaran Keltian:

Keltian ini dikembangkan untuk berkontribusi dan membantu pemerintah, masyarakat dan industri guna (i) Mengembangkan energi biomassa sebagai energi alternatif ramah lingkungan,  (ii) berpartisipasi dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca yang berakibat pada pemanasan global, (iii) Mencegah penurunan kualitas lingkungan hidup, udara, tanah dan badan air yang diakibatkan oleh aktivitas pembangunan dan kegiatan industri  .

 

Kegiatan Penelitian Utama Kelti/ Sub Kelti disertai Deskripsi Singkat:

Kegiatan Penelitian pada kelompok ini  terdiri dari lima sub Kelti yaitu :

1)      Konversi Biomassa kegiatan difokuskan untuk menghasilkan Bioenergi ramah lingkungan seperti bahan bakar cair dan gas.  Proses konversi melalui cara fermentasi, gasifikasi, termokimia dll.

2)      Kilang Hayati : Melakukan kegiatan yang terintegrasi antara proses konversi biomassa untuk menghasilkan bahan bakar, dan bahan-bahan kimia dari biomassa sebagai  ko-produk kimia adi (fine chemicals).

3)      Pengelolaan Limbah Proses : Melakukan pengelolaan limbah proses konversi biomassa dan kilang hayati

4)      Kajian dampak lingkungan : Melakukan kajian dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan konversi biomassa dan kilang hayati.

5)      Pengembangan metoda analisis lingkungan : Melakukan pengembangan dan menyediakan metoda analisis untuk karakterisasi bahan, produk dan limbah kegiatan konversi biomassa dan kilang hayati

 

Potensi Pengguna Penelitian Keltian:

Pemerintah, Masyarakat, Transportasi, Agro Industri , Industri kosmetik

ZONA INTEGRITAS