Berita

Kerjasama Disdagperin Kabupaten Muna dengan P2 Kimia Bukti Nyata Kiprah LIPI di Daerah


Administrator, 04 Oktober 2017

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Bertempat di Media Center LIPI, Rabu (4/10/2017) dilakukan penandatangan kerjasama antara Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Muna dengan P2 Kimia. Acara penandatangan diawali dengan sambutan dan pengantar dari Biro Kerjasama Hukum dan Humas (BKHH) LIPI. Yusuar, selaku Kepala Bagian Bina Ilmiah Masyarakat BKHH menyampaikan bahwa LIPI sangat terbuka untuk bekerjasama dengan Pemda.

“Pertama-tama, saya mewakili Ibu Kepala Biro menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir pada acara pagi ini. LIPI dengan multidisplinnya sangat welcome untuk bekerjasama dengan Pemerintah Daerah. Kami mengembangkan banyak teknologi yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat. Salah satu satker kami yaitu Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (Pusbang TTG) sangat aktif bekerjasama dengan Pemda. Begitu juga dengan P2 Kimia, mereka juga banyak bekerjasama dengan industri,” ungkap Yusuar membuka acara penandatanganan pagi itu.

Berikutnya, perwakilan dari Disdagperin Kabupaten Muna dipersilakan untuk memperkenalkan diri dan memberikan sambutannya. La Ode Muhammad Taufiq mewakili Kepala Disdagperin memberikan sambutan. “Kami juga menyampaikan permohonan maaf dari Kadis kami dikarenakan tadi malam harus kembali ke Muna sehingga pagi ini tidak dapat hadir di acara yang sangat penting ini. Penandatangan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan P2 Kimia ke tempat kami beberapa waktu yang lalu. Pada saat itu kami mengundang tim dari P2 Kimia untuk melihat potensi yang ada di Kabupaten Muna sekaligus memberikan rekomendasinya. Oleh karena itu, pagi ini Disdagperin dan P2 Kimia berkomitmen untuk bekerjasama lebih intens dalam rangka menggali potensi pengembangan sumber daya alam di tempat kami. Mewakili Pak Kadis, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih atas sambutan baik dari P2 Kimia pada khususnya dan LIPI pada umumnya,” terang Taufiq memberikan sambutannya.

Yenny Meliana selaku Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian lalu dipersilakan untuk menyampaikan sambutan mewakili Kepala P2 Kimia. Dalam pemaparannya, Yenny mengungkap bahwa Kabupaten Muna memiliki potensi yang sangat besar. “Kebetulan saya merupakan bagian tim P2 Kimia yang berkunjung ke Kabupaten Muna. Kami melihat di sana banyak menghasilkan produk-produk unggul seperti nilam, jambu mete, rumput laut, jati, dan lainnya. Melalui pengalaman dan hasil-hasil penelitian yang sudah P2 Kimia lakukan, harapannya P2 Kimia dapat berkontribusi untuk Kabupaten Muna. Kemarin Pak Yan Irawan dan Pak Egi Agustian sudah memberikan laporan dan rekomendasi dari hasil kunjungan kami ke Kabupaten Muna,” Yenny menyampaikan dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut BKHH juga mengundang Kepala Pusbang TTG, Yoyon Ahmudiarto. Yoyon mengungkapkan bahwa Pusbang TTG memiliki banyak teknologi terapan yang dapat dimanfaatkan oleh Pemda. Yoyon juga menyampaikan bahwa Pusbang TTG memiliki banyak paket pelatihan teknologi tepat guna. “Kantor kami berlokasi di Subang. Selama ini, sudah banyak Pemda yang melakukan pelatihan teknologi tepat guna baik datang ke Subang maupun kami yang berkunjung ke sana. Beberapa yang menjadi andalan kami yaitu teknologi pengolahan air bersih dan mesin pengering. Saya sangat senang apabila ke depan Kabupaten Muna ingin memanfaatkan teknologi tepat guna yang kami kembangkan,” ujar Yoyon memaparkan.

Kemudian acara inti di hari tersebut, yaitu penandatangan kerjasama pun dilakukan. Untuk seremoni penandatanganan, Ridwan Stiaji selaku Kesubbag Kerjasama Dalam Negeri BKHH meminta Yenny mewakili Kepala P2 Kimia dan Taufiq mewakili Kepala Dinas Disdagperin untuk maju ke depan. “Untuk prosesi penandatanganan kerjasama, kami meminta Bu Yenny dan Pak Taufiq untuk memberikan paraf terlebih dahulu sebelum nantinya ditandatangani oleh Pak Kadis dan Pak Kapus masing-masing,” pinta Ridwan kepada Yenny dan Taufiq.

Acara pun dilanjutkan dengan ramah-tamah dan diskusi antara perwakilan dari Kabupaten Muna dengan perwakilan dari LIPI. Dari P2 Kimia nampak Egi Agustian dan Yan Irawan yang merupakan peneliti teknologi proses terlibat aktif dalam diskusi. Selain itu, BKHH juga mengundang perwakilan dari P2 Oseanografi yang memberikan gagasan tentang pengembangan rumput laut. Menjelang istirahat siang, acara pun ditutup oleh Yusuar. <sjw/ p2k>

ZONA INTEGRITAS