: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Kepala Desa Cibolang Sukabumi Berharap Banyak Kegiatan Penelitian di LIPI yang Dapat Membantu Masyarakat Desa


Administrator, 19 Oktober 2018

[Berita P2 Kimia, Sukabumi] Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI tengah melakukan kegiatan penelitian ‘Pengembangan teknologi proses metil eugenol sebagai attractant lalat buah manggis’. Penelitian tersebut dinahkodai oleh Prof. Dr. S. Tursiloadi, peneliti senior di P2 Kimia. Kegiatan itu mendapat pendanaan dari program Insinas Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Untuk mengetahui aktivitas dari metil eugenol yang sudah diperoleh P2 Kimia, pada Jum’at sampai Sabtu (19-20/10) dilakukan uji coba di Perkebunan Desa Cibolang Kabupaten Sukabumi. Uji coba ini didukung penuh oleh Kepala Desa Cibolang, Pepen Supendi. Rombongan dari P2 Kimia yaitu Prof. S. Tursiloadi, Dr. Anny Sulaswaty, Egi Agustan dan Sujarwo disambut langsung oleh Kepala Desa Cibolang di kantornya, Jum’at (19/10).

“Sebelumnya atas nama P2 Kimia, kami sangat berterima kasih kepada Kepala Desa Cibolang yang berkenan memfasilitasi uji coba ini. Semoga kegiatan penelitian dan pengembangan yang sedang kami lakukan ini ke depan dapat membawa manfaat untuk perkebunan manggis,” ujar Sujarwo, Kepala Sub Bidang Kerjasama P2 Kimia.

Pepen Supendi, Kepala Desa Cibolang pun menyambut baik uji coba tersebut. Dirinya mengungkapkan bahwa manggis dari Desa Cibolang merupakan salah satu manggis terbaik di Indonesia. Pepen menambahkan bahwa saat ini manggis dari Cibolang telah menembus pasar eksport khususnya ke Tiongkok. Dirinya bersama dengan Kelompok Tani di Desa Cibolang berupaya untuk terus meningkatkan produksi buah manggis di Perkebunan Desa Cibolang.

“Kami telah memiliki tradisi yang turun-temurun untuk menanam manggis di desa kami. Perkebunan manggis di sini dimiliki oleh warga desa dan kami bergabung dalam kelompok tani. Kegiatan-kegiatan semacam ini yang LIPI tawarkan kepada kami tentunya sangat kami sambut baik. Kami yakin pendampingan dari para ilmuwan akan memberikan manfaat untuk meningkatkan produksi buah manggis di desa kami,” ungkap Pepen Supendi saat menerima rombongan dari P2 Kimia.

“Harapan kami, banyak kegiatan penelitian yang dapat membantu masyarakat pedesaan seperti kami semisal yang dilakukan saat ini,” lanjut pria yang sebelum terpilih menjadi kepala desa merupakan ketua kelompok tani di desanya itu.

Sementara itu, Prof. Tursiloadi selaku Koordinator Penelitian di P2 Kimia memaparkan gambaran umum dari kegiatan yang sedang dilakukannya bersama tim. Kegiatan penelitiannya telah mampu melakukan sintesis metil eugenol dari eugenol yang berbahan baku cengkeh. Guna melihat bagaimana aktivitas senyawa yang dikembangkannya, dirinya bersama tim berinisiatif untuk melakukan uji coba langsung di perkebunan manggis.

“Uji coba dua hari ini merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan penelitian kami. Kami ingin melihat bagaimana senyawa yang kami kembangkan dapat menarik lalat buah yang berpotensi menggaggu pertumbuhan buah manggis. Berdasarkan literatur yang kami peroleh, salah satu penyebab ketidaksempurnaan buah manggis dalam pertumbuhannya yaitu karena serangan lalat buah,” terang pria yang merupakan profesor riset di P2 Kimia itu.

Setelah ramah-tamah dan foto bersama, tim dari P2 Kimia pun segera menuju kebun manggis yang terletak di Desa Cibolang Kecamatan Gunung Guruh Kabupaten Sukabumi. Beberapa protokol diterapkan untuk mengetahui aktivitas senyawa yang dibuat dari kegiatan penelitin P2 Kimia. Kepala Desa Cibolang pun secara langsung menemani tim P2 Kimia di lapangan pada saat kegiatan uji coba. <sjw/p2k>  

ZONA INTEGRITAS