Berita

“K-I-M-I-A”: Moto Baru Menuju Reformasi Birokrasi yang Semakin Sukses


Administrator, 09 Maret 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Komitmen, semangat, sukses! Tiga kata tersebut menjadi slogan untuk meningkatkan semangat sivitas Pusat Penelitian Kimia LIPI (P2 Kimia) menuju penerapan reformasi birokrasi (RB) di P2 Kimia. Slogan ini diperkenalkan oleh Didin Zaenudin, SE, koordinator Tim Penerapan RB P2 Kimia 2018, di kegiatan Sosialisasi Kegiatan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas. Kegiatan diadakan pada hari Jum’at (9/3) di ruang pilot plant bioetanol P2 Kimia. Selain itu, dicanangkan pula moto P2 Kimia untuk menuju RB dan Zona Integritas (ZI) yang semakin sukses.

“Moto baru kita adalah “K-I-M-I-A”. Komitmen, Integritas, Melayani, Inisiatif, Andal (KIMIA),” terang Kepala P2 Kimia LIPI, Dr. Agus Haryono saat memberikan sambutan acara.

Sebagai bagian dari lembaga riset negara, P2 Kimia berkomitmen menjalankan reformasi birokrasi untuk lebih meningkatkan perannya dalam pemerintahan, pembangunan nasional, dan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan pembangunan zona integritas di lingkungan P2 Kimia dimaksudkan untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Didin juga memaparkan roadmap RB/ZI di P2 Kimia sebagai strategi terwujudnya tujuan reformasi birokrasi. Khusus tahun tahun 2018, P2 Kimia ingin mencapai birokrasi yang efektif, efisien, akuntabel, dan bersih melalui predikat WBM. Selanjutnya Didin juga menjabarkan peran-peran yang bisa dilakukan oleh individu-individu P2 Kimia untuk ikut serta dalam mewujudkan RB.

Dalam acara ini juga diperkenalkan agen-agen perubahan di P2 Kimia LIPI yang akan bertugas sebagai pelopor sekaligus role model dalam penerapan RB. Agen perubahan baru di tahun 2018 dilantik langsung oleh Kepala P2 Kimia LIPI, Dr. Agus Haryono. Dengan dilantiknya agen perubahan baru, sampai sekarang sudah ada 36 orang agen perubahan di P2 Kimia. Didin menjelaskan bahwa agen jumlah agen perubahan dapat terus bertambah hingga diharapkan semua sivitas P2 Kimia dapat menjadi agen perubahan,

“Paling tidak kita mengharapkan 50% dari sivitas P2 Kimia akan berstatus sebagai agen perubahan”, ungkap Didin yang juga merupakan Kabid Sarana Penelitian P2 Kimia ini.

Bersama dengan acara ini, juga dilakukan acara penghargaan Pegawai Terbaik Februari 2018 dan pelepasan purnabakti P2 Kimia. Rusmana dihargai sebagai Pegawai Terbaik Februari 2018 atas dedikasi dan kinerjanya yang inspiratif sebagai staff keuangan P2 Kimia. Pelepasan purnabakti diadakan untuk Drs. Tigor Nauli dan Ir. Ruslan Effendi M.S. Drs. Tigor telah bekerja selama 38 tahun, dan beliau adalah salah satu pelopor bidang penelitian kimia pangan di P2 Kimia. Ir. Ruslan telah bekerja selama 32 tahun, dan terlibat dalam berbagai proyek penelitian nasional selama masa baktinya di P2 Kimia. <ar/ p2kimia>

ZONA INTEGRITAS