: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Jurnal ALCHEMY Universitas Islam Negeri Malang Studi Banding ke Jurnal Kimia Terapan Indonesia P2 Kimia


Administrator, 12 Oktober 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Kamis (11/10) Tim ALCHEMY Journal of Chemistry UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diwakilili oleh Associate Editor Armeida Dwi R Madjid dan Dewi Yuliani mengunjungi Pusat Penelitian Kimia. Tujuannya untuk melakukan studi banding pengelolaan Jurnal Kimia Terapan Indonesia (JKTI) atau Indonesian Journal of Applied Chemistry (InaJAC).

Acara dibuka oleh Arief A.R. Setiawan yang mewakili Ketua Dewan Editor JKTI, Dip. Ing. Haznan Abimanyu, Ph.D.  Turut hadir di pertemuan itu antara lain anggota dewan editor JKTI (Prof. Tursiloadi, Dr. Anny Sulaswatty, dan Prof. Yanni Sudiyani) serta Tim Redaksi Pelaksana JKTI (Nandang Sutiana, Annisa Dieni L dan Eni Suryani).

“Tujuan studi banding ini adalah ingin mempelajari bagaimana sistem pengelolaan JKTI sekaligus menjajaki kerjasama tim editor dan reviewer di jurnal kami, “ papar Armeida. Armeida juga mengungkapkan tantangan ALCHEMY saat ini, yang terkadang menemui kendala seperti kesulitan mencari reviewer dan paper dari eksternal (termasuk luar negeri).

Dalam diskusi tersebut terungkap bahwa kepemimpinan memegang peranan kunci kesuksesan pengelolaan jurnal. Jaringan luas, ketekunan dan kesabaran menjadi modal penting agar jurnal bisa terbit berkala. Kepemimpinan mesti didukung kerjasama tim dengan latar belakang yang memadai, seperti desainer layout, komunikasi, kompetensi kimia, IT, dsb. Di samping itu, Institusi tempat jurnal bernaung harus mendukung, misalnya dalam penyediaan dana dan infrastruktur.

Nandang sebagai Tim IT JKTI menambahkan mengenai alur proses dengan OJS (Operating Journal System). Dimulai dari author submit paper, section editor meneruskan paper kepada reviewer yang tepat sesuai bidang, reviewer menerima paper, kemudian mereview dan hasil review dikembalikan ke author. Satu paper JKTI minimal direview oleh dua reviewer. Jika diperlukan maka ditambah menjadi tiga reviewer. Ketika paper layak terbit, dilakukan proses formatting atau layouting paper, yang dikerjakan oleh Tim JKTI yang terspesialisasi agar terjadi keseragaman. 

Pada sesi diskusi, ALCHEMY dan JKTI saling mempelajari web dari jurnal masing-masing. Sebagai jurnal tidak berbayar, Tim JKTI berbagi tips agar dapat menarik paper masuk, yakni melalui seminar dan jaringan, dan pemberian insentif bagi author. Sementara ALCHEMY berbagi tips terkait pengindeksan DOAJ dan hasil kunjungannya ke jurnal lain sebelumnya. Pada akhir diskusi, kedua belah pihak sepakat untuk dapat menindaklanjutinya ke kerjasama antar jurnal. <adl/p2k, ed: aars/p2k>

ZONA INTEGRITAS