: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Inisiasi Kolaborasi Riset, Staf Pengajar King Mongkut’s University Thailand Kunjungi P2 Kimia


Administrator, 18 Oktober 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Selasa (17/10), P2 Kimia mendapat kunjungan dari Dr. Paripok Phitsuwan staf pengajar King Mongkut’s Univeristy of Technology Thonburi (KMUTT) Thailand. Paripok merupakan staf di School of Bioresources and Technology KMUTT. Kunjungan tersebut dalam rangka inisiasi kerjasama pengembangan bioetanol berbasis lignin. Disambut oleh Dr. Arthur Lelono selaku Plh. Kepala P2 Kimia, acara berlangsung di Ruang Rapat Lt. 1 P2 Kimia. Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya Prof. Dr. Yani Sudiyani, Dr. Haznan Abimanyu, Feni Amriani, Muryanto, dan beberapa staf peneliti P2 Kimia lainnya.

“Selamat datang di P2 Kimia kepada Dr. Paripok Phitsuwan. Merupakan sebuah kehormatan bagi kami atas kunjungan ini. Kami harapkan ke depan kedua institusi dapat melakukan kerjasama yang erat. Saya yakin banyak hal yang dapat kita lakukan bersama bukan hanya terbatas pada pengembangan bioetanol saja,” buka Arthur mengawali acara pagi itu.

Selanjutnya Arthur memaparkan gambaran umum tentang P2 Kimia. Dalam presentasinya, pria yang juga merupakan peneliti kimia bahan alam tersebut menekankan tentang kegiatan apa saja yang sudah dilakukan oleh P2 Kimia dalam pengembangan energi alternatif. Selain itu, Arthur juga memaparkan tentang kegiatan-kegitan lain di P2 Kimia yang dilakukan oleh kelompok-kelompok penelitian.

“Kami telah bekerjasama dengan KIST Korea dalam pengembangan bioetanol generasi 2. Silakan nanti bersama dengan rekan-rekan peneliti kami Dr. Paripok dapat mengunjungi pilot plan. Tentunya juga melihat fasilitas kami lainnya,” ujar Arthur kepada Paripok.

Untuk mengetahui  School of Bioresources and Technology KMUTT, kemudian Paripok dipersilakan memberikan pemaparannya. Dalam presentasinya Paripok menjelaskan kegiatan-kegiatan penelitian apa saja yang menjadi konsen di School of Bioresources and Technology khususnya. Pria yang memiliki fokus penelitian dalam pengembangan bioetanol tersebut menyampaikan bahwa dia bersama dengan rekan-rekannya sangat antusias untuk dapat berkolaborasi dengan P2 Kimia.

“Dekan kami saat ini memang sangat aktif untuk dapat berkolaborasi dengan Indonesia. Dalam satu tahun ini, beliau sudah tiga kali berkunjung ke Indonesia khususnya ke kampus-kampus. Selain untuk menawarkan peluang studi di KMUTT, kami juga sangat tertarik untuk dapat melakukan penelitian bersama dengan kolega-kolega peneliti di sini. Saya sangat tertarik dengan P2 Kimia sebab ternyata kita memiliki salah satu fokus penelitian yang sama,” ungkap Paripok dalam sesi presentasinya.

Lalu Paripok memberikan penjelasan secara lebih rinci tentang penelitian apa saja yang sudah dilakukannya bersama dengan tim di Thailand. Diskusi berlangsung hangat antara kedua belah pihak. Nampak Prof. Yanni Sudiyani dan tim begitu antusias untuk menggali potensi-potensi yang dapat disinergikan antara kelompok penelitiannya dengan kelompok penelitian Paripok. Begitu juga dengan Dr. Haznan Abimanyu selaku koordinator kelompok penelitian biomassa dan kimia lingkungan di P2 Kimia. Sehingga tanpa terasa waktu istirahat siang telah tiba.

Setelah istirahat dan makan siang, Paripok dipersilakan untuk melihat fasilitas-fasilitas yang ada di P2 Kimia. Dipandu oleh Feni Amriani, peneliti bidang biomassa di P2 Kimia, kunjungan dimulai dari pilot plan bioetanol. Berikutnya, Feni mengajak Paripok untuk berkunjung ke fasilitas lain diantaranya laboratorium pengujian. Mengakhiri acara kunjungan tersebut, dilakukan foto bersama di depan lobi P2 Kimia. <sjw/ p2k>

ZONA INTEGRITAS