Berita

Gelar FGD Pengembangan Kompetensi, P2 Kimia Mantapkan Strategi Menjadi Pusat Unggulan Iptek Bioetanol Generasi Kedua


Administrator, 12 April 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong]. Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Bertempat di Gedung 452 Puspiptek Serpong, acara diadakan selama sehari penuh pada tanggal 20 Maret 2017.

“Acara ini diselenggarakan P2 Kimia sebagai bagian dari program Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioetanol Generasi Kedua, “ terang Prof. Dr. Yanni Sudiyani, koordinator PUI saat menerangkan latar belakang acara.

P2 Kimia LIPI pada tahun 2017 ini bersama sejumlah instansi litbang lainnya telah terpilih oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menjadi Pusat Unggulan Iptek. Riset yang dikembangkan untuk menjadi unggulan adalah bioetanol generasi kedua. Pemilihan ini berdasarkan sejumlah indikator diantaranya kapasitas intern lembaga, kapasitas riset dan kapasitas diseminasi hasil litbang.

“Melalui FGD ini, saya harapkan kita dapat merumuskan strategi pengembangan kompetensi SDM yang tepat guna menjadi Pusat Unggulan Iptek yang berkualitas, “ ujar Dr. Agus Haryono, Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI saat membuka acara.

Tak kurang 38 orang diundang dalam kegiatan ini. Mereka adalah para pejabat struktural, koordinator kelompok penelitian, peneliti senior, perencana strategis dan anggota Tim PUI Bioetanol Generasi Kedua. Sedangkan rapat dimoderatori sekaligus dipimpin oleh Dr. Ir. Syahrul Aiman, peneliti senior P2 Kimia.

“Dalam merumuskan strategi, kita harus memahami betul target apa yang ingin dicapai, kebutuhan untuk melaksanakan dan kondisi kita saat ini, “ papar Syahrul yang juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI ini.

Para peserta acara kemudian berdiskusi lebih lanjut untuk memformulasikan rencana peningkatan kompetensi. Beberapa program yang diusulkan misalnya pendidikan lanjutan, pelatihan spesifik maupun workshop. Hasil diskusi kemudian dituangkan dalam bentuk rekomendasi.

Menjelang penghujung acara, beberapa rekomendasi yang dihasilkan langsung dibacakan kembali oleh Syahrul. Rekomendasi ini akan dikaji lebih lanjut dan dirumuskan implementasinya di Rapat Koordinasi (Rakor) P2 Kimia yang akan diadakan beberapa hari kemudian. <aars/ p2 kimia>.

ZONA INTEGRITAS