Berita

Dua Peneliti P2 Kimia Terima Anugerah Toray Jepang 2017


Administrator, 09 Mei 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Jalinan kerjasama di bidang Industri selama lebih dari 40 tahun telah meyakinkan Industri Toray untuk berkontribusi dalam pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia. Sebagai agenda tahunan, Indonesian Toray Science Foundation (ITSF) mengadakan ceremony tahunan sebagai puncak apresiasi industri Toray (Jepang) terhadap pengembangan riset dan sains Indonesia. ITSF mengadakan seminar ilmiah/presentasi hasil penelitian pendanaan ITSF Tahun 2016 (7 Maret 2017) dan penganugerahan bagi pemenang terpilih (8 Maret 2017) dari beberapa program terkait pengembangan sains dan IPTEK di Indonesia, diantaranya: Science Education Award, Science & Technology Award, dan Science & Technology Grant.

Pusat penelitian kimia (P2K) LIPI adalah salah satu pusat penelitian di Indonesia yang beberapa kali telah terpilih menjadi pemenang pada program Science & Technology Grant. Tahun 2017, dua peneliti P2K LIPI terpilih menjadi penerima dana pendukung pengembangan penelitian pada program Science & Technology Grant. Keduanya adalah peneliti berprestasi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia penelitian yang fokus pada lingkungan dan teknologi proses, yaitu: Ajeng Arum Sari, PhD  dan Nino Rinaldi, PhD. Ajeng memiliki judul penelitian The development of environmental friendly immobilized activated carbon from black liquor sludge and enzyme of white rot fungi to degrade organic pollutant. Sementara Nino mengusung penelitian Development of Synthetic Layered Materials using Titanate and Manganate as Catalysts for the Upgrading Pyrolysis Bio-Oil Process.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi tak ternilai dan mendorong para peneliti P2 Kimia untuk terus berkiprah secara nyata, “ terang Dr. Agus Haryono, Kepala P2 Kimia saat mengungkapkan kebahagiaannya.

Selain penganugerahan, Keynote speaker yang dihadirkan saat itu: Suharyo Sumowidagdo, PhD (peneliti LIPI dari Pusat Penelitian Fisika yang terlibat dalam kolaborasi riset LIPI-CERN/ALICE) menyampaikan motivasi bagi semua undangan terutama akademisi dan peneliti. Suharyo Sumowidagdo, PhD mendorong peneliti nasional untuk melakukan jalinan riset kerja sama dengan jaringan riset internasional untuk meningkatkan kualitas riset nasional yang membantu percepatan pemecahan isu-isu nasional atau penguatan riset fundamental yang mungkin di masa mendatang dapat menjadi sebuah perwujudan yang mendukung perkembangan teknologi dan zaman dari peradaban manusia pada abad mendatang. Selain itu, hal ini juga dapat memperkenalkan dunia riset nasional pada dunia riset internasional melalui peneliti-peneliti nasional yang juga berkompeten dan memiliki kapabilitas selayaknya peneliti internasional. (FA/ p2kimia)

ZONA INTEGRITAS