: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Diskusikan Rencana Kerjasama, P2 Kimia Diundang Kunjungi Nutrifood Research Center


Administrator, 15 Oktober 2018

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Untuk menjajagi kerjasama penelitian dan pengembangan dalam bidang pangan, tim dari Kelompok Penelitian Kimia Pangan P2 Kimia diundang oleh PT Nutrifood Indonesia. Acara berlangsung di Nutrifood Research Center, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta pada Jum’at (12/10). Hadir dari P2 Kimia diantaranya Nina Artanti, Linar Zalinar Udin, Agustine Susilowati, Yati Maryati, dan Zatil Afrah dari Kelompok Penelitian Kimia Pangan. Selain itu, turut serta Sujarwo selaku Kasubbid Diseminasi dan Kerjasama dalam rombongan tersebut.

Disambut oleh Felicia Kartawidjajaputra, Manajer Nutrifood Research Center, rapat berlangsung pagi hingga siang hari. Guna mengenalkan profil PT Nutrifood Indonesia, Felicia memberikan pemaparan company profile dan kegiatan di Nutrifood Research Center.

“PT Nutrifood Indonesia merupakan perusahaan yang fokus pada penyediaan healthy food. Brand produk kami telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia seperti Tropicanaslim, Nutrisari, HiLo, WRP, dan L-Men,” ujar Felicia memberikan pemaparan.

“Melalui Nutrifood Research Center ini, kami terus melakukan berbagai inovasi melalui penelitian dan pengembangan. Kami sadar, bahwa inovasi merupakan kunci utama untuk mengembangkan produk yang bermanfaat dan dapat diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu, kami mengundang rekan-rekan dari P2 Kimia dalam rangka membuka peluang untuk bekerjasama menciptakan inovasi,” lanjutnya.

Nina Artanti, selaku Koordinator Kelompok Penelitian Kimia Pangan P2 Kimia menyampaikan bahwa P2 Kimia telah banyak melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang pangan. Selain itu, beberapa kerjasama juga sudah terjalin erat dengan industri dalam rangka implementasi hasil penelitian dan pengembangan.

“Sebagai satuan kerja yang memiliki tupoksi melakukan penelitian dan pengembangan, P2 Kimia telah banyak menghasilkan inovasi. Kami memiliki beberapa paten terkait dengan bidang kimia pangan. Beberapa nanti akan dipresentasikan oleh Bu Agustine,” ungkap Nina saat menyampaikan pengantar.

Berikutnya, guna mengenalkan beberapa hasil penelitian di P2 Kimia terkait bidang pangan, Agustine Susilowati, peneliti senior di P2 Kimia menyampaikan presentasi terkait beberapa hasil penelitian yang sudah dilakukan dirinya bersama tim. Salah satu hasil penelitian yang disampaikan yaitu formulasi asam folat sebagai pangan pintar. Felicia bersama timnya dari Nutrifood Research Center menyimak presentasi tersebut dengan seksama.

“Sejak beberapa tahun yang lalu, kami telah mengembangkan formulasi asam folat dari campuran sayur hijau terfermentasi, tempe, mocaf, dan nikstamal jagung. Asam folat merupakan salah satu senyawa yang sudah kita kenal luas yang biasanya ditambahkan pada susu ibu hamil maupun makanan bayi,” terang Agustine memulai penjelasannya.

Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Banyak hal mengemuka dalam diskusi tersebut. Salah satu yang membuat Felicia tertarik yaitu terkait mekanisme kerjasama dengan instansi pemerintah. Selain itu, dirinya juga ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara memanfaatkan HaKI yang dimiliki oleh LIPI. Untuk memberikan gambaran tentang kedua hal tersebut, Sujarwo pun menjelaskan secara rinci.

“Pada prinsipnya pemerintah melalui Kementrian Keuangan telah membuat peraturan tentang alih teknologi. Termasuk di LIPI sendiri pun sudah menerbitkan Peraturan Kepala LIPI sebagai payung hukum pemanfaatan HaKI milik LIPI oleh mitra industri. Mekanisme yang digunakan dalam hal ini yaitu perjanjian lisensi,” papar Sujarwo memberikan penjelasan.

Untuk mengakhiri acara yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut dilakukan sesi foto bersama. Tak lupa, P2 Kimia mengundang Nutrifood Research Center untuk berkunjung ke fasilitas penelitiannya di Kawasan PUSPIPTEK Serpong. Felicia pun menyambut baik tawaran tersebut dan berencana untuk mengagendakan. <sjw, p2k>

ZONA INTEGRITAS