: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Dalam Agenda Supervisi oleh Kemenristekdikti, Tim Pakar Apresiasi Capaian PUI Bioetanol G2 di P2 Kimia


Administrator, 17 Juli 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Dalam rangka pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Selasa (17/7) P2 Kimia mendapat jadual supervisi oleh Sekretariat PUI Kemenristekdikti. Yudho Baskoro dan Edita Diah dari Sekretariat PUI Kemenristekdikti datang bersama tim pakar yaitu Prof. Misri Ghozan (UI) dan Ir. Paulus Tjakrawan (APROBI). Acara dibuka oleh Dr. Arthur Lelono selaku Kepala Bagian Tata Usaha P2 Kimia. Tujuan dari kegiatan supervisi adalah untuk melihat aktivitas di PUI Bioetanol G2 P2 Kimia termasuk menggali solusi dari kendala-kendala yang timbul. Oleh karena itu, Sekretariat PUI Kemenristekdikti melibatkan tim pakar yang berkompeten.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Pak Yudho dan tim dari Sekretariat PUI Kemenristekdikti serta kepada tim pakar. Terima kasih atas jadual supervisi ke Pusat Unggulan Iptek Bioetanol Generasi Kedua (G2) di P2 Kimia ini. Nanti Pak Muryanto selaku Koordinator PUI akan mempresentasikan perkembangan dari PUI Bioetanol G2,” buka Arthur mengawali kegiatan supervisi hari itu.

Muryanto, ST, MT selaku koordinator kegiatan PUI Bioetanol G2 P2 Kimia lalu mempresentasikan perkembangan kegiatan di P2 Kimia termasuk kendala-kendala yang dihadapi. Sebagai informasi, P2 Kimia merupakan salah satu satuan kerja di bawah LIPI yang sedang dalam proses pembinaan sebagai Pusat Unggulan Iptek (center for excellence) dalam bidang pengembangan bioetanol berbahan baku biomassa. Ini merupakan tahun kedua bagi P2 Kimia mendapat skema pembinaan dari Kemenristekdikti.

“Sampai dengan triwulan kedua, beberapa hal telah dicapai oleh P2 Kimia baik dalam hal kelembagaan, penelitian dan pengembangan, serta diseminasi. Saya akan menyampaikan beberapa yang berhasil kami capai termasuk kendala dan tantangan yang kami hadapi. Tentunya, masukan dan saran dari tim pakar nantinya akan menjadi bekal bagi PUI Bioetanol G2 P2 Kimia untuk memperoleh hasil yang paling optimal di tahun ini sesuai dengan yang sudah direncakakan,” ungkap Muri, sapaan lelaki yang juga merupakan peneliti bidang lingkungan di P2 Kimia tersebut.

Setelah penyampaian oleh Muri, berikutnya Yudho mempersilakan tim pakar untuk memberikan komentar, masukan, dan saran. Kesempatan pertama diberikan kepada Prof. Misri Gozan yang merupakan tim pakar pada tahun sebelumnya juga. Misri mengapresiasi beberapa kemajuan yang telah dicapai oleh PUI Bioetanol G2 dibandingkan tahun sebelumnya, meskipun beberapa hal masih menjadi catatannya.

“Sebagai orang yang tidak baru bagi PUI Bioetanol G2 di P2 Kimia, saya sangat mengapresiasi kemajuan yang telah diperoleh oleh P2 Kimia. Persiapan akreditasi KNAPPP sebagai landasan operasional manajemen litbang telah menunjukkan progresnya. Selain itu beberapa diseminasi juga menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, seperti kerjasama dengan dua BUMN terkemuka,” ujar Misri, tim pakar yang merupakan guru besar di Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Pada kesempatan berikutnya, Ir. Paulus Tjakrawan yang merupakan ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) juga memberikan catatan positif atas capaian PUI Bioetanol G2. Dirinya mengaku optimis bahwa ketekunan P2 Kimia dalam mengembangkan bioetanol dari limbah biomassa dapat memberikan kontribusi nyata atas permasalahan energi di tanah air. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang sudah seharusnya mendapat dukungan penuh dari semua stakeholder.

“Yang diperlukan P2 Kimia adalah terus konsisten dengan riset energi terbarukan ini. Ditambah dengan secara aktif berkoordinasi bersama berbagai pihak. Tentunya, kami dari asosiasi dan rekan-rekan industri sangat menyambut baik apabila diminta untuk berkontribusi. Silakan, jangan sungkan untuk menemui kami dan berdiskusi dengan kami,” kata Paulus dalam komentarnya sembari memberikan motivasi kepada tim dari P2 Kimia.

Untuk menutup acara, Muri mengajak tim dari Sekretariat PUI Kemenristekdikti serta tim pakar untuk meninjau langsung aktivitas di Pilot Plant Bioetanol G2 milik P2 Kimia. Yan Irawan yang merupakan koordinator Pilot Plant Bioetanol G2 memberikan beberapa penjelasan terkait kondisi dan aktivitas yang sedang berlangsung di sana. Tak lupa, sesi foto bersama dilakukan untuk mengabadikan momen di hari tersebut. <sjw, p2k>

ZONA INTEGRITAS