: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Cegah Penyebaran COVID-19, LIPI Serahkan 4000 Botol Hand Sanitizer Kepada BNPB


Administrator, 06 April 2020

Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional memberikan 4000 botol hand sanitizer atau pembersih tangan antiseptik berukuran 250 mililiter kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang berada di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Balai Kota Jakarta, Senin (6/4).

Hand sanitizer ini merupakan hasil inovasi dari LIPI dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang dibuat sesuai dengan standar World Health Organization (WHO). Kepala Pusat Penelitian LIPI, Yenny Meliana, mengungkapkan bahwa hal ini sebagai bentuk dukungan dari para peneliti LIPI untuk garda terdepan dalam menanggulangi pandemi COVID-19. “Kita saling bahu membahu dengan apa yang kita mampu sesuai dengan kompetensi masing-masing, sehingga dengan bantuan hand sanitizer ini diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran virus corona,” ujarnya.

Bantuan tersebut diterima oleh Kepala Subbidang Kedaruratan Dan Penanganan Pengungsi BPBD Provinsi DKI Jakarta, Wardaya dan jajaran BPBD Provinsi DKI Jakarta. Wardaya mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi atas bantuan ini. “Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap LIPI atas pemberian hand sanitizer ini,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, dalam situasi sekarang ini hand sanitizer merupakan hal yang paling banyak diminta dan dibutuhkan masyarakat DKI Jakarta. “Saat ini kebutuhan alat pelindung diri seperti masker kain dan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 memang paling banyak diminta dan dibutuhkan publik dari Pemprov DKI, selain bantuan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari," jelas Wardaya.

Selanjutnya, Pemprov DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan aparat jajaran di bawahnya untuk mendistribusikan hand sanitizer ini ke masyarakat. “Kami akan berkoordinasi dengan biro pemerintah yang membawahi seluruh camat dan lurah di Jakarta guna mengetahui data jumlah masyarakat yang membutuhkan hand sanitizer,jelasnya. (whp/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS