: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Research Group: Analytical Chemistry


Administrator, 18 November 2009

Foto Bersama 2014 2 copy

Latar Belakang Pentingnya Penelitian Kimia Analitik:

Berbagai kasus terkait kemampuan pengujian bidang kimia seperti kasus-kasus penolakan komoditas ekspor oleh negara-negara tujuan, penyalahgunaan bahan-bahan kimia bukan untuk pangan yang ditambahkan ke dalam bahan pangan. Kandungan bahan-bahan kimia berbahaya baik dalam bahan pangan maupun di lingkungan yang melebihi ambang batas; serta membanjirnya produk-produk impor dengan kualitas yang rendah dan mengandung bahan berbahaya masih sering terjadi di Indonesia. Mengingat berbagai permasalahan tersebut di atas, maka peningkatan kompetensi pengujian dengan menggunakan  prinsip prinsip metrologi kimia perlu dilakukan untuk menghasilkan data-data yang akurat, tertelusur  dan diterima oleh semua pihak baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu desiminasi   ketertelusuran untuk memperoleh komparibilitas hasil pengujian melalui penyediaan bahan acuan menjadi tantangan bagi Pusat Penelitian Kimia – LIPI khususnya laboratorium metrologi kimia.

Tujuan/ Fungsi/ Sasaran Keltian:

Tujuan: Menyiapkan PP Kimia LIPI   sebagai laboratorium nasional merologi kimia melalui kegiatan  pengembangan bahan acuan  dalam  upaya  untuk menjamin hasil pengukuran yang valid. Fungsinya:  mendesiminasikan  ketertelusuran pengukuran  ke laboratorium  pengujian sehingga  dapat menjamin  akurasi dan komparabilitas hasil pengujian nasional yang akhirnya  dapat diakui internasional . Sasaran : Membuat bahan acuan bersertifikat yang tertelusur ke Standar International sesuai dengan  ISO  guide 34 dan 35.  

Kegiatan Penelitian Utama Kelti/ Sub Kelti disertai Deskripsi Singkat:

Membuat bahan acuan   bersertifikat yang tertelusur ke standar Internasional sesuai dengan iso Guide 34 dan 35 yang terdiri dari   Bahan acuan : logam dalam  larutan standar murni, logam dalam air minum, logam dalam tepung beras ,anion dalam air minum ,anion dalam  larutan standar murni, Residu pestisida dalam  buah , benzoate dalam makanan ,melamin dalam susu , Poly Aromatik Hidrokarbon dalam makanan  olahan ,  Buffer pH sekunder  ,  daya hantar listrik elektrolit gas untuk  kendaraan bermotor dan gas rumah kaca .  

 Potensi Pengguna Penelitian Keltian:

Seluruh laboratorium  pengujian kimia ( Industri Dalam Negeri, Pemerintah dan swasta )

ZONA INTEGRITAS