: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Alat Deteksi COVID-19 RT-LAMP Buatan LIPI


Administrator, 07 September 2020

Serpong, Humas LIPI. Lembaga ilmu pengetahuna indonesia (LIPI) mengembangkan metode alternatif RT-PCR untuk mendeteksi COVID-19 yang bernama RT-LAMP pada program Laptop Si Unyil TRANS 7, Senin (7/9). Dengan alat yang sederhana, metode RT-LAMP mampu mendeteksi keberadaan material genetik virus dalam tubuh.

Reverse transcription polymer chain reaction (PCR) atau swab test merupakan metode pertama atau standar utama yang digunakan dunia. Metode ini mendeteksi keberadaan material genetik virus dalam tubuh denganhasil akurat. Tetapi, uji RT-PCR masih membutuhkan peralatan canggih dan biaya yang tidak sedikit.

Peneliti LIPI mempunyai inisiatif mengembangkan metode RT-LAMP (reverse transcription loop mediated isothermal amplification). Sama dengan RT-PCR, bahwa metode RT-LAMP juga membutuhkan sampel lendir yang diambil dari pangkal hidung dan pangkal tenggorokan pasien atau yang dikenal dengan swab test.

Kemudian sampel pasien diekstrak dan dicampur dengan zat pereaksi atau dikenal dengan reagen. Setelah itu, sampel siap untuk diuji.

Sayangnya alat yang digunakan dalam metode RT-PCR bernama thermocycler harganya bisa mencapai ratusan juta. Karena harganya mahal maka tidak semua alat atau rumah sakit mempunyai alat ini dalam metode pengujian PCR.

Pada RT-PCR, sampel akan diberi suhu yang berubah-ubah dengan cepat. Dimulai dari suhu 50 0C sampai 96 0C. Oleh karena itu, butuh alat yang canggih untuk melakukan PCR.

Dengan metode RT-LAMP, maka sampel hanya akan diberi suhu konstan yaitu 60 0C selama 30 sampai 60 menit. Dengan alat yang sangat sederhana, cukup menggunakan inkubator, water bath atau heat block.

Untuk indikator positif atau negatif, dapat dilihat dari perubahan warna pada sampel dengan kasat mata. Apabila berubah menjadi keruh, maka sampel tersebut positif terpapar virus korona.

Pengecekannya bisa juga menggunakan alat spektro. Alat ini secara otomatis akan memeriksa sampel mana yang berwarna keruh.

Diharapkan dengan metode RT-LAMP, pengujian sampel bisa dilakukan di fasilitas-fasilitas kesehatan sederhana yang tersebar di pelosok Indonesia. (har/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS