HOME
 
 
 
 
 
 
 
 
 

HOME


KAN Bersama Auditor Internasional Mengevaluasi Sistem Mutu Laboratorium Metrologi Kimia LIPI

 

[Berita P2 Kimia, 10 Maret 2016 14:45]


Pada Senin sampai Selasa, 7-8 Maret 2016, telah diadakan ‘peer review’ di Pusat Penelitian Kimia-LIPI oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional). Tujuan dari kegiatan ‘peer review’ yaitu untuk persiapan pengajuan klaim kemampuan kalibrasi dan pengukuran (calibration and measurement capability), atau lebih dikenal sebagai CMC claim ke BIPM, Badan Metrologi Dunia.  Klaim kemampuan kalibrasi dan pengukuran ini sangat penting bagi suatu negara dalam rangka menjamin ketertelusuran (traceability) pengujian/kalibrasi di negara tersebut.  Saat ini, Indonesia telah memiliki 77 buah klaim kemampuan kalibrasi dalam pengukuran fisika, tetapi belum memiliki satupun klaim kemampuan pengukuran untuk parameter kimia. Oleh karena ‘peer review’ dalam bidang pengukuran kimia baru pertama kali dilakukan di Indonesia, maka kegiatan ini disambut sangat baik oleh KAN. Bertindak langsung sebagai auditor kepala (lead auditor) yaitu Direktur KAN sendiri, Drs. Dede Erawan, M.Sc. Adapun untuk auditor teknis (technical auditor), KAN mendatangkan dua  auditor internasional untuk sistem mutu laboratorium yaitu Dr. Byungjoo Kim dari KRISS, Lembaga Metrologi Nasional Korea Selatan dan Dr. Igor Maksimov  dari NMIJ, Lembaga Metrologi Nasional Jepang.

Pusat Penelitian Kimia-LIPI mengajukan dua lingkup pengukuran untuk CMC claim yaitu pengukuran pengawet (asam benzoat, metil paraben, dan butil paraben) dalam kecap dan pengukuran pH larutan bufer. Dalam pelaksanaan ‘peer review’, Drs. Dede Erawan, M.Sc melakukan audit terhadap persyaratan manajemen sesuai SNI ISO/IEC 17025:2008 klausul 4, sementara Dr. Byungjoo Kim melakukan audit terhadap persyaratan teknis untuk pengukuran pengawet dalam kecap, dan Dr. Maksimov mengaudit persyaratan teknis untuk pengukuran pH larutan bufer.

Kegiatan ‘peer review’ dibuka oleh Dr. Nino Rinaldi selaku Ketua PME yang mewakili Kepala Pusat Penelitian Kimia-LIPI. Dalam sambutannya, Nino menyampaikan ucapan terimakasih kepada KAN dan auditor dari KRISS serta NMIJ atas dukungannya terhadap Pusat Penelitian Kimia-LIPI untuk memperoleh CMC claim dalam pengukuran pengawet dan pH larutan bufer. Mengingat hal ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia, menurut Nino, tentunya Pusat Penelitian Kimia-LIPI sangat antusias dan berharap proses kegiatan ‘peer review’ dapat berjalan lancar. Selanjutnya, masing-masing auditor melakukan tugasnya sesuai dengan bidang yang diaudit. Drs. Dede Erawan, M.Sc mengecek sistem manajemen mutu laboratorium meliputi panduan mutu (quality manual) dan prosedur mutu (quality procedure). Dr. Byungjoo Kim yang merupakan Kepala Laboratorium Organik di KRISS-Korea mengecek semua aktivitas yang dilakukan di Laboratorium Metrologi Organik Pusat Penelitian Kimia, mulai dari SOP, kondisi lingkungan pengukuran, dokumentasi, dan aspek teknis lainnya dalam klausul 5 SNI ISO/IEC 17025:2008. Begitu pula dengan Dr. Maksimov yang merupakan salah satu ahli pengukuran pH dari NMIJ-Jepang melakukan audit terhadap Laboratorium Elektrokimia Pusat Penelitian Kimia secara detail.


Dari pelaksanaan ‘peer review’ selama dua hari di Pusat Penelitian Kimia-LIPI, tim auditor menyampaikan temuan (finding) masing-masing dan kemudian merangkumnya dalam sebuah laporan audit. Dari hasil audit, auditor menyampaikan apresiasinya kepada Pusat Penelitian Kimia yang telah mengimplementasikan sistem manajemen mutu secara baik meskipun masih ditemukan ketidaksesuaian (non-conformity) terhadap beberapa klausul dalam standard SNI ISO/IEC 17025:2008 yang harus diperbaiki oleh Pusat Penelitian Kimia-LIPI. Igor Maksimov secara khusus menyampaikan ucapan selamat kepada Pusat Penelitian Kimia atas hasil yang memuaskan dalam uji banding pengukuran pH tingkat Asia Pasifik APMP.QM-K91 yang menjadi bukti bahwa Pusat Penelitian Kimia memang memiliki kompetensi untuk melakukan pengukuran pH sesuai persyaratan internasional. Dr. Byungjoo Kim juga memberikan apresiasinya kepada Laboratorium Metrologi Organik yang secara umum telah menerapkan standard SNI ISO/IEC 17025:2008 dengan baik, Kim juga memberikan saran membangunnya supaya Pusat Penelitian Kimia segera melengkapi aktivitasnya dengan kegiatan diseminasi ketertelusuran (traceability) baik melalui penyediaan CRM maupun pemberian nilai evaluasi uji profisiensi sesuai standard internasional yang dipersyaratkan (ISO Guide 34 dan ISO/IEC 17043). Hadir dalam rapat penutupan ‘peer review’, Kepala Pusat Penelitian Kimia, Dr. Agus Haryono selaku manajemen puncak, yang menyimak dengan seksama seluruh paparan yang disampaikan oleh masing-masing auditor. Dalam sambutan penutupannya, Agus menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas kelancaran kegiatan ‘peer review’ dan menegaskan komitmen Pusat Penelitian Kimia-LIPI untuk segera melakukan tindakan perbaikan (corrective action) terhadap semua temuan yang diperoleh, baik itu berupa ketidaksesuain maupun komentar dan saran dari tiap-tiap auditor. Sebagai penutup, auditor dan seluruh peserta ‘peer review’ melakukan sesi foto bersama di depan Gedung Laboratorium Metrologi Kimia yang menandai berakhirnya kegiatan selama dua hari tersebut.

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
P  E N  G  U  M  U  M  A  N
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Laporan Program Uji Profisiensi (PUP) PP Kimia LIPI 2015 tersedia dalam bentuk soft file. Silakan kunjungi http://kimia.lipi.go.id/metrologi/?UJI_PROFISIENSI/Laporan_Uji_Profisiensi.

Laporan PUP PP Kimia LIPI 2015 dalam bentuk hard copy, akan dikirimkan ke alamat masing-masing laboratorium peserta. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Witta/Dilla di (021) 756 0929 atau dengan mengirimkan email ke up.ppkimialipi@gmail.com.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

 
 
Metrologi Kimia
Pilihan Bahasa